Tuesday, March 3, 2020

Cara mengaktifkan cruise control

Momod ads.id
Banyak teknologi pada kendaraan yang sebenarnya sudah ditambahkan ke dalam kendaraan demi kenyamanan pengemudi ataupun penumpang namun tidak banyak yang paham cara pengoperasiannya. Salah satu contohnya adalah teknologi cruise control.

Cruise control adalah teknologi yang dipasangkan pada mobil dengan fungsi untuk mengatur kecepatan kecepatan kendaraan agar dapat melaju pada kecepatan stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas.

Fitur cruise control ini memungkinkan mobil untuk tetap melaju dengan kecepatan yang stabil tanpa pijakan kaki di pedal gas. Dengan begitu, rasa pegal dan capek pada kaki pengemudi akibat terus menerus menekan pedal gas bisa dikurangi. Pengemudi bisa menjadi lebih nyaman dan konsentrasi mengemudi bisa tetap dipertahankan.

Banyak teknologi pada kendaraan yang sebenarnya sudah ditambahkan ke dalam kendaraan demi  Cara mengaktifkan cruise control

Fitur cruise control ini sangat tepat untuk digunakan pada jalan bebas hambatan seperti tol trans jawa yang memiliki lintasan cukup panjang dan waktu tempuh yang lama.

Dengan ada nya fitur cruise control ini maka kaki pengemudi tidak perlu terus menerus menekan pedal gas sehingga tidak mudah lelah dan tetap nyaman hingga sampai ketujuan.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan cruise control di mobil ? Simak langkah-langkah dibawah berikut tentang bagaimana cara mengaktifkan cruise control di mobil


Cara mengaktifkan cruise control di mobil

  1. Safety belt pengemudi harus dalam kondisi terpasang dan jalankan kendaraan
  2. Tekan tombol cruise atau tombol on-off yang ada di setir untuk mengaktifkan fitur cruise control
  3. Lampu indikator cruise control pada meter cluster akan menyala sebagai tanda fitur cruise control siap digunakan.
  4. Atur kecepatan kendaraan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan
  5. Tekan tombol set untuk mengunci kecepatan kendaraan
  6. Lepas pedal gas dan cruise control sudah bekerja

Setiap kendaraan memiliki beberapa persyaratan yang berbeda untuk dapat mengaktifkan cruise control ini, salah satunya adalah batas minimal kecepatan.

Ada produsen kendaraan yang menetapkan batas minimal 40km/jam ada juga yang menetapkan 60km/jam sebagai batas minimal kecepatan kendaraan agar fitur cruise control bisa aktif. Kurang daripada kecepatan minimal tersebut, maka cruise control tidak dapat bekerja. Baca juga : Mengenal Adaptive Cruise Control


Tombol-tombol pengoperasian cruise control


Selain dari cara mengaktifkan cruise control ini, umumnya di mobil juga disediakan fitur control tambahan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kerja cruise control ini. Diantaranya adalah tersedianya tombol plus (+), tombol minus (-), tombol set, serta tombol cancel. Untuk jelasnya, berikut fungsi masing-masing tombol pada pengaturan cruise control
  • Tombol set digunakan untuk mengunci kecepatan kendaraan saat kecepatan yang diinginkan sudah tercapai.
  • Tekan lama tombol + saat cruise control aktif akan menambah kecepatan kendaraan
  • Tekan lama tombol - saat cruise control aktif akan menurunkan kecepatan kendaraan
  • Tekan tombol cancel untuk membatalkan cruise control yang sedang aktif.
  • Menekan pedal rem hingga lampur rem aktif akan membatalkan cruise control

Untuk lebih detail tentang prosedur pengaktifan cruise control ini, sebaiknya lihat kembali pengaturan cruise control pada buku petunjuk penggunaan kendaraan masing-masing.

Demikianlah artikel tentang cara mengaktifkan cruise control di mobil ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.